Bagian Mesin DTG yang perlu Dibersihkan Secara Rutin

Wiper Blade

  • Cara untuk mengeluarkan wiper dengan cara dicungkil pelan-pelan sampai keluar, setelah selesai kebalikan wiper. Bersihkan wiper menggunakan cotton bat, Wiper Blade berfungsi untuk menjaga atau mengusap permukaan print head supaya selalu bersih sehingga proses cetakan selalu lancer dan stabil. Akan tetapi lama-lama akan banyak sisa tinta yang menumpuk di Wiper Blade tersebut , sehingga jika sisa tinta printer tidak dibersihkan secara rutin, semprotan tinta dari print head akan kurang lancar. Wiper Blade mesin DTG harus dibersihkan 2 hari sekali jika mesin DTG dipakai selama 8 jam sehari nonstop. Jika pemakaian mesin DTG tidak sampai 8 jam sehari maka Wiper Blade bisa dibersihkan seminggu sekali.

Capping Station

  • Capping Station berfungsi untuk head cleaning dan juga untuk menjaga print head selalu kedap udara . Seiring operasional mesin DTG,maka akan terbentuk sisa-sisa tinta kering di karet pinggir Capping Station tersebut dimana apabila  sudah menumpuk terlalu banyak, posisi Capping Station tidak bisa menjaga kevakuman print head dengan optimal. Oleh karena itu karet Capping Station harus dibersihkan secra rutin bersamaan dengan Wiper Blade.

Permukaan Bawah Print Head

  • Seiring pemakaian printer DTG,maka permukaan bawah print head juga akan ada sisa-sisa tinta dan serat kain yang menempel di pinggiran print head mesin DTG. Anda juga harus rutin membersihkan permukaan bawah print head terutama pinggirannya dan hati-hati jangan sampai pinggiran bawah print head tergores.

Encoder Strip

  • Fungsi Encoder Strip adalah sebagai petunjuk jalan bagi print head, apabila Encoder strip terlalu kotor maka sensor di print head printer DTG yang membaca Encoder Strip tersebut  akan bingung dan jalannya printer head bisa jadi kurang teratur. Masalah yang terjadi ika Encoder Strip terlalu kotor adalah hasil cetak berbayang kiri kanan atau yang lebih parah sering terjadi general eror. Bersihkan Encoder Strip setiap minggu dengan menggunakan kain yang di teteskan head cleaning.

Belt Print Cariage

  • Kotoran seperti uap tinta, serat kain, dan debu juga bisa menempel di Belt Cariage print head dan bisa menyebabkan kerja motor print head menjadi lebih berat dan gerakan print head bisa menjadi sangat kacau. Bersihkan Belt Print Cariage secara rutin dengan sikat gigi.
Back